PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 114/IX PEMATANG SIALANG KABUPATEN MUARO JAMBI

Tristia, Anggita and Idris, Ilyas and Fatmawati, Kiki (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 114/IX PEMATANG SIALANG KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 114/IX PEMATANG SIALANG KABUPATEN MUARO JAMBI)
Anggita Tristia_204172624.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD Matematika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Matematic) pada materi bangun ruang kelas V Sekolah Dasar Negeri 114/IX Pematang Sialang Kabupaten Muaro Jambi. Model yang digunakan merupakan model Borg and Gall mempunyai 9 tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, desain. Uji coba pemakaian. Revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi produk. Subjek penelitian adalah 10 peserta didik kelas V di sekolah dasar 114/IX Pematang Sialang Kabupaten Muaro Jambi. Instrument yang digunakan untuk mengukur aspek kevalidan LKPD ini yaitu angket penilaian oleh ahli materi, ahli desain, ahli bahasa. Validasi LKPD memperoleh hasil analisis validitas oleh tim ahli didapat ahli bahasa dan desain dengan presentase 87% dengan kategori “valid”, ahli materi mengatakan “sangat layak digunakan dengan revisi sesuai saran”. Berdasarkan respon guru dan siswa terhadap LKPD yang dikembangkan terdapat nilai oleh guru dengan presentase 75% dengan keterangan “baik”. Dan respon angket kelayakan peserta didik terhadap LKPD dengan presentase 89% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) di Sekolah Dasar Negeri 114/IX Pematang Sialang Kabupaten Muaro Jambi dikatakan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: LKPD, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 28 May 2021 04:09
Last Modified: 28 May 2021 04:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7489

Actions (login required)

View Item View Item