MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA BHAKTI INDONESIA KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Marzali, Indra and Malik, Abdul and Jamaluddin, Jamaluddin (2018) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA BHAKTI INDONESIA KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP1622636 INDRA MARZALI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM - Abang Bambang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bhakti Indonesia Kecamatan Kateman” Yang meliputi, Pertama, Bagaimana sistem pengelolaan keuangan, Kedua, Bagaimana manajemen dan peran kepala sekolah dalam mengelola keuangan, dan Ketiga, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi kepala sekolah dalam memanajemen pengelolaan keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bhakti Indonesia Kecamatan Kateman. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui manajemen dan peran kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan, serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi kepala sekolah dalam memanajemen pengelolaan keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bhakti Indonesia Kecamatan Kateman. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode kualitatif deskriftif yakni mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian ini mengungkapkan, 1) Tahap Perencanaan Pada tahapan ini SMK Bhakti Indonesia Kateman merancang segala pengelolaan keuangan sekolah kedalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS). 2) Pada tahap pengelolaan, pihak sekolah menggunakan biaya tersebut, baik dana yang bersal dari Bantuan Operasional (BOS) maupun dana swadaya masyarakat dengan beberapa bagian. Pada bagian pertama atau disebut triwulan pertama (bulan Januari-Maret) biaya pendidikan dikelola sebanyak 10 %. Pada bagian kedua/triwulan kedua (bulan April-Juni) biaya/dana yang dikelola sebanyak 40%. Adapun pada bagian ketiga/triwulan ketiga (bulan Juli-September) biaya yang digunakan sebesar 30%, dan pada bagian terakhir, yakni triwulan keempat (bulan Oktober-Desember) baiya pendidikan yang di kelola sebanya 20%. Kepala sekolah menggunakan dana/biaya peribadinya saat pembiayaan dari pemerintah terlambat dan swadaya masarakat kurang. Hal ini sebagai solusi alternatif agar sarana pendidikan bisa tetap tercukupi.3) Kegiatan yang terkhir ini berkenaan dengan beberapa kegiatan pertanggungjawaban penerimaan, penyimpanan, dan pembayaran atau penyerahan uang yang dilakukan Bendaharawan kepada pihak pihak yang berwenang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur, membandingkan, menilai alokasi biaya dan tingkat penggunaannya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Manajemen, Kepala Sekolah, Pengelolaan Keuangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:59
Last Modified: 21 Jan 2020 06:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item