MANAJEMEN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG INDRAGIRI HILIR RIAU

Kalsum, Umi (2018) MANAJEMEN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG INDRAGIRI HILIR RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP1622653. UMI KALSUM MPI - Samawa Berkah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ikhlas Sungai Guntung, yang meliputi; Pertama, bagaimana penerapan manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ikhlas Sungai Guntung. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ikhlas Sungai Guntung, dan ketiga, bagaimana upaya manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ikhlas Sungai Guntung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti memakai teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar data yang diteliti menjadi kredibel, maka peneliti menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Adapun pengecekan keterpercayaan data-data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan konsultasi ke pembimbing. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Komite sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al-Ikhlas Sungai Guntung telah berhasil meningkatkan pelayanan pendidikan dengan cara: membantu sekolah dalam menjawab segala problem yang dihadapi oleh sekolah, membantu mendorong keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan fasilitas- dan sarana prasarana sekolah. 2) Faktor yang menjadi pendorong bagi komite sekolah dalam meningkatkan pelayanan pendidikan adalah komunikasi dan koordinasi yang baik antara komite dan kepala madrasah. Adapun faktor yang menjadi penghambat adalah kurangnya fasilitas dan prasarasana yang memadai, dan keterbatasan anggaran. 3) Upaya komite dalam meningkatan kualitas layanan pendidikan adalah dengan mengoptimalkan peran manajemen komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, dukungan, control dan mediator.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Manajemen, Komite Sekolah, Kualitas Pelayanan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:51
Last Modified: 21 Jan 2020 06:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item