PENDEKATAN PSIKOLOGIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI SMPN 1 MUKO-MUKO BATHIN VII KABUPATEN BUNGO

Gusnita, Maulia and Yamin, Martinis and Samsu, (2018) PENDEKATAN PSIKOLOGIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI SMPN 1 MUKO-MUKO BATHIN VII KABUPATEN BUNGO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPA 16.2460_MAULIA GUSNITA_MPI_PAI - Heri Kustadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembentukan akhlak mulia siswa di SMP Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII tidak terlepas dari peran guru dan sekolah. Guru PAI memiliki peran yang dominan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia, karena akhlak bersumber dari ajaran agama. Oleh karena itu pada penelitian ini mengkaji tentang langkah guru PAI dan sekolah dalam menanamkan nilai nilai akhlak mulia terutama kejujuran yang bersumber dari ajaran agama, mengetahui upaya guru dan kendala dalam pembentukan akhlak mulia bagi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: 1). penanaman nilai-nilai akhlak di mulai dari proses pembelajaran materi PAI, religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, cinta lingkungan, gemar membaca dan kreatif. 2). Upaya guru PAI dalam Membentuk karakter siswa adalah dengan, tauladan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan dan integritas dan internalisasi 3). Kendala guru PAI dalam membentu karakter kejujuran siswa adalah, lingkungan keluarga & Masyarakat, perkembangan psikologis dan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Guru PAI, Karakter.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:47
Last Modified: 17 Feb 2020 00:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item