PEMBERDAYAAN PENGURUS MAJELIS TA’LIM AL-MUNAJJAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RT 22 KELURAHAN KENALI BESAR KOTA JAMBI

Pranata, Handrian and Hakim, Lukman and Jailani, Syahran (2018) PEMBERDAYAAN PENGURUS MAJELIS TA’LIM AL-MUNAJJAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RT 22 KELURAHAN KENALI BESAR KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPA 1622585 HAndrian Pranata PAI - mela angraini.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pemberdayaan Majelis Ta‟lim Al-Munajjat merupakan lembaga pendidikan Agama Islam yang terdapat di RT 22 Perumahan Bougenville Lestari Kelurahan Kenali Besar, banyak memberikan pengetahuan agama kepada masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan majelis ta‟lim tersebut. Majelis ta‟lim merupakan wadah untuk masyarakat setempat bagi peningkatan kualitas pendidikan keagamaan khususnya dalam berperilaku di masyarakat. Namun, menurut penggamatan penulis, masih tampak kurang berjalan lancar program-program yang dibuat oleh pengelola Majleis Ta‟lim seperti kurangnya silaturahmi dengan tetangga, kurangnya saling membantu dan menasehati antar sesama, lalai melaksanakan ibadah kepada Allah baik yang langsung maupun tidak langsung dan sebagainya padahal mereka ikut serta dalam kegiatan di majelis ta‟lim.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Kegiatan majlis ta‟lim di RT 22 Perumahan Bougenville Lestari Kelurahan Kenali Besar. 2). Kualitas akhlaq ibu rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari di RT 22 Perumahan Bougenville Lestari Kelurahan Kenali Besar. 3). Pengaruh majlis ta‟lim dalam meningkatkan kualitas akhlaq remaja di RT 22 Perumahan Bougenville Lestari Kelurahan Kenali Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Majelis ta‟lim merupakan lembaga pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Kegitan-kegiatan dalam majelis ta‟lim banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat diantaranya yaitu meningkatkan kualitas akhlaq menjadi lebih baik.Hasil penelitian di dalam kegiatan majlis ta‟lim di RT 22 Perumahan Bougenville Lestari Kelurahan Kenali Besar dapat disimpulkan bahwa presentase yang diperoleh menghasilkan data yang dinilai cukup.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pemberdayaan, Majelis Ta‟lim Al-munajjat
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:51
Last Modified: 16 Jan 2020 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item