EFEKTIVITAS PENGAJIAN ANTARA MAGRIB DAN ISYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN ANAK USIA 9-12 DI TIGA MASJID DALAM KECAMATAN PANGKALAN JAMBU KABUPATEN MERANGIN

Neni, Neni and Mukhtar, Mukhtar and Khairunas, Khairunas (2018) EFEKTIVITAS PENGAJIAN ANTARA MAGRIB DAN ISYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN ANAK USIA 9-12 DI TIGA MASJID DALAM KECAMATAN PANGKALAN JAMBU KABUPATEN MERANGIN. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPA. 162456_NENI_PENDIDIKAN ISLAM_PAI - Neni Aulia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas Efktivitas Pengajian Antara Magrib dan Isya Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur‟an di Baiturrahim di Desa Tanjung Mudo, Masjid Baiturrahman di Desa Sungai Jering, Masjid Jami‟ Islamiyah di Desa Sungai Mati dalam Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penentuan subjek penelitian menggunakaan teknik purposive samping. Teknik dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan, sedangkan uji keterpecayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan melakukan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Pengajian Antara Magrib dan Isya Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur‟an di Baiturrahim di Desa Tanjung Mudo, Masjid Baiturrahman di Desa Sungai Jering, Masjid Jami‟ Islamiyah di Desa Sungai Mati dalam Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin mengatasi permasalahan permasalahan yang ada. Efektivitas Pengajian Antara Magrib dan Isya Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur‟an, materi, bentuk kegiatan belajar mengajar, metode yang digunakan, waktu, alat-alat pembelajaran dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perubahan cara membaca Al-Qur‟an oleh murid. Hal ini terlihat dari murid yang lebih fasih dan lebih lancar dari sebelumnya. Dampak dari pengajian antara magrib dan isya dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an di Baiturrahim di Desa Tanjung Mudo, Masjid Baiturrahman di Desa Sungai Jering, Masjid Jami‟ Islamiyah di Desa Sungai Mati dalam Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin adanya pergeseran cara pandangan dalam membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pengajian Antara Magrib Dan Isya, Kemampuan Baca AlQur‟an, anak-anak.
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:48
Last Modified: 30 Jan 2020 06:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item