PENGARUH KECERDASAN SPRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP AKHLAK AL-KARIMAH SISWA SMAN 1 BATANG HARI

Maisarah, Siti and Hidayat, Hidayat and Risnita, Risnita (2018) PENGARUH KECERDASAN SPRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP AKHLAK AL-KARIMAH SISWA SMAN 1 BATANG HARI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPA.14.2.2213 SITI MAISARAH _ PENDIDIKAN ISLAM _ PAI - birul walidaini, ST.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spritual guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak al-karimah siswa, pengaruh kecakapan komunikasi guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak al-karimah siswa, pengaruh kecerdasan spiritual pendidikan agama Islam dan kecakapan komunikasi terhadap akhlak al-karimah siswa di SMAN 1 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menentukan sampel menggunakan teknik survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, linearitas dan analisa jalur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan spritual guru (X1) terhadap akhlak al-karimah siswa (Y) sebesar 49,7% dan pengaruh kecakapan komunikasi guru (X2) terhadap akhlak al-karimah siswa(Y) sebesar 41,4%. Kemudian pengaruh kecerdasan spiritual guru(X1) dan kecakapan komunikasi guru(X2) terhadap akhlak al-karimah siswa(Y) sebesar 91,2%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan spritual guru(X1) dan kecakapan komunikasi guru(X2) terhadap akhlak al-karimah siswa(Y) berpengaruh positif. Dikarenakan pengaruh variabel eksogen (kecerdasan spiritual dan kecakapan komunikasi guru) terhadap variabel endogen (akhlak al karimah siswa)hampir mendekati 100%, dimana hanya 8,8% yang mempengaruhi akhlak al-karimah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk hasil analisa jalur antara variabel kecerdasan spiritual guru dengan akhlak al-karimah siswa adalah pengaruh positif dengan nilai koefisien 0,528 artinya semakin baik kecerdasan spiritual guru maka akan berpengaruh baik pula terhadap prilaku akhlak al-karimah siswa. Untuk hasil analisa jalur antara variabel kecakapan komunikasi guru dengan perilaku akhlak al-karimah siswa adalah pengaruh positif dengan nilai koefisien 0,443 artinya semakin baik kecakapan komunikasi guru maka akan berpengaruh baik pula terhadap prilaku akhlak al-karimah siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: kecerdasan spiritual, kecakapan komunikasi dan akhlak alkarimah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:40
Last Modified: 21 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item