PEMBERDAYAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA (SURVEI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 7 MUARO JAMBI)

Lestari, Puput Ria and Umar, Hasbi and Wahab, Husin Abdul (2018) PEMBERDAYAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA (SURVEI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 7 MUARO JAMBI). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPA162453 - PUPUT RIA LESTARI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - puput rialestari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengapa pemberdayaan guru PAI belum optimal mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama dalam pendidikan siswa kelas VII A di SMPN 7 Muara Jambi. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptifanalitis. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penetapan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sertaverifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi teman sejawat serta dosen pembimbing. Hasil temuan dan analisis belum optimal pemberdayaan guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi siswa kelasVII A berbeda agama di SMPN 7 Muara Jambi disebabkan oleh: kepala sekolah belum melimpahkan wewenang dan tanggungjawab kepada guru agama, guru belum dilatih tentang pemberdayaan, kepala sekolah belum merencanakan pemberdayaan guru masa mendatang, akibatnya guru belum termotivasi dalam menegakan sikap toleransi pada siswa, saat siswa beragama Kristen berada di luar kelas tanpa diawasi, dan koordinasi sesama guru belum efektif. Faktor pendukung pemberdayaan guru dalam mengembangkan sikap toleransi siswa adalah; guru sudah berpendidikan S1 dan S2, juga PNS. Disamping itu sarana prasarana cukup memadai, dan ada keberpihakan tokoh masyarakat. Sedangkan faktor yang menjadi kendala untuk memberdayakan guru dalam mengembangkan sikap toleransi siswa berlainan agama, yaitu; koordinasi guru agama belum efektif, belum terjadi kesamaan siswa berbeda agama untuk sama-sama belajar, guru agama belum berani mengambil tindakan kepadasiswa yang berperilaku belum baik, dan guru belum menunjukan sikap adil padasiswa non Islam. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberdayaan guru PAI belum optimal dalam mengembangkan sikap toleransi siswa antar umat beragama kelas VII A di SMPN 7 Muara Jambi, disebabkan belum dibuat rencana pemberdayaan guru, pemberian wewenang dan tanggungjawab masih lemah, koordinasi belum efektif, guru belum berani menindak perilaku siswa yang belum baik, dan siswa non Islam tidak di awasi saat berada di luar kelas sehingga kesempatan inilah pemicu berbuat tanpa sikap toleransi sesama siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: pemberdayaan, guru agama, dansikaptoleransi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:48
Last Modified: 21 Jan 2020 06:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item