PENGGUNAAN FINGER PAINTING UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HALIMATUSADIAH KOTA JAMBI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK HALIMATUSADIAH KOTA JAMBI)

Aprina, Aprina and Ritonga, Ahmad Husein and Yusria, Yusria (2018) PENGGUNAAN FINGER PAINTING UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HALIMATUSADIAH KOTA JAMBI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK HALIMATUSADIAH KOTA JAMBI). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPU 1622594. APRINA BOOKMARK - bisma guntung.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anak usia 5-6 tahun sangat aktif dan energik, kemampuan yang diharapkan pada anak usia 5-6 tahun pada aspek perkembangan fisik yaitu mampu mengelola ketrampilan tubuh termasuk gerakangerakan yang mengontrol tubuh, gerakan kasar dan halus serta menerima rangsangan sensorik (panca indra). penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik halus dengan penggunaan finger painting pada kelompok B1 TK Halimatusadiah Jambi. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar anak menjadi meningkat. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan selama 60 menit. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatakan kemampuan mengembangkan motorik halus yaitu pada kondisi awal sebesar 39,10% meningkat pada siklus I menjadi 48,72% pada siklus II menignkat sebesar 68,59% dan pada siklus III menjadi 84,62% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegitan finger painting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak kanak Halimatusadiah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Motorik halus, Finger Painting, TK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:40
Last Modified: 10 Mar 2020 02:18
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item