UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN STS JAMBI

SAFITRI, AINUN and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN STS JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Fakultas Tarbiyah Uin Sts Jambi)
SKRIPSI AINUN SAFITRI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Sebagaimana dari hasil wawancara dengan guru Fiqih, Ibu Rozalina, S. Pd.I di Madrasah tsanawiyah Laboratorium Jambi Beliau menyampaikan “waktu yang tersedia untuk menerima pengajaran Fiqih sangat terbatas, yaitu hanya 2 x 60 menit saja dalam seminggu, sedangkan materi yang harus diberikan banyak, apalagi dimasa pandemi ini minat belajar siswa menurun karena di masa pendemi ini siswa dituntut untuk sekolah daring atau yang biasa dikenal denga pembelajaran jarak jauh ( online ) ini sangat memicu kurangnya minat belajar siswa dalam belajar dimana waktu pembelajaran mereka kurang efektif dan susah untuk dikontrol. (guru mapel fiqih). Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah lapangan (field research). Adapaun dalam penulisan proposal ini pendekatan penelitian yang digunakan penelitian adalah pendekatan kualitatif. dengan teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Upaya yang dilakukan guru fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan berbagai macam cara salah satu contoh upaya guru adalah menggunakan metode seefektif mungkin dan semenarik mungkin agar siswa minat dalam belajar guru selalu memberi pengarahan, nasehat, metode yang bervariasi untuk meningkatkan minat belajar siswa dikelas VIII A Mts Laboratorium Jambi. 2. Kendala dan solusi yang di hadapi guru fiqih untuk meningkatkan minat belajar salah satunya di masa pandemi saat ini adalah kendala terbatasnya quota untuk siswa bisa efektif mengikuti pelajaran dan solusi yang di lakukan guru fiqih dengan tidak memberi tugas hanya melalui media daring saja tetapi juga ada yang di kerjakan di rumah dan dikumpulkan ke sekolah jadi tidak ada alasan siswa tidak belajar dirumah walaupun tidak punya quota. Walaupun demikian dari upaya yang di lakukan guru tadi hanya 30% siswa yang melaksanakannya selebihnya memberi bayak alasan tidak mengerjakan tugas yang diberikan tadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya guru Fiqih dalam meningkatkan minat belajar di Mts Laboratorium Jambi dengan memebri nasehat, motivasi, dan metode variasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Upaya guru, Minat, Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 May 2021 03:41
Last Modified: 24 May 2021 03:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7283

Actions (login required)

View Item View Item