PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT )

Saputra, Ahmad Edi and Sudirman, Sudirman and Mubyarto, Novi (2021) PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT ). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Pengetahuan, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan menabung di bank syariah mandiri dengan minat menabung sebagai variabel intervening ( studi kasus pada masyarakat di kabupaten tanjung jabung barat ))
Ahmad Edi Saputra, MLK193073 OK.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah yang sebelumnya sekedar memperkenalkan praktik alternatif Perbankan Syariah, namun kini tumbuh berkembang dengan menempatkan posisinya sebagai pemain utama dalam percaturan ekonomi Indonesia. Penlitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh langsung dan tak langsung antar variabel pengetahuan, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Mandiri dengan minat menabung sebagai variabel intervening. Populasi sampel yang dipergunakan pada masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 99 responden. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, autokerelasi, dan heteroskedastisitas), uji F, Uji t, dan Analisis Path. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat dijelaskan bahwa pengaruh langsung variabel pengetahuan (X1), promosi (X2), dan fasilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat menabung (Y),. Namun secara langsung pengetahuan (X1) dan fasilitas (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung (Z), begitu juga pengaruh tidak langsung pengetahuan (X1) dan fasilitas (X3) tidak berpengaruh signifikan berpengaruh terhadap keputusan menabung (Z) dengan minat menabung sebagai varibel intervening, kecuali varibel promosi yang berpengaruh signifikan. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah jika secara tidak langsung minat menabung mampu memediasi promosi berpengaruh kuat terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Mandiri. Namun secara tidak langsung minat menabung mampu memediasi pengetahuan dan fasilitas kurang kuat mempengaruhi keputusan menabung, karena masih belum merasa minat menentukan pilihan menabung di Bank Syariah Mandiri.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: pengetahuan, promosi, fasilitas, minat dan keputusan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Ekonomi Syariah > Konsentrasi Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 May 2021 07:38
Last Modified: 05 May 2021 07:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7243

Actions (login required)

View Item View Item