KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA TANJUNG JABUNG BARAT

Aminatuzzuhriah, Aminatuzzuhriah and Maisah, Maisah and Jamilah, Jamilah (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA TANJUNG JABUNG BARAT. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MPU15.2.2355_AMINATUZZUHRIAH_PENDIDIKAN ISLAM_PIAUD - Heri Kustadi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah pokok dari penelitian ini adalah mengapa kompetensi pedagogik guru belum maksimal dalam pengembangan kreativitas anak usia dini, dengan indikator guru melakukan proses pembelajaran secara terpisah dengan bermain, guru melakukan proses pembelajaran tidak berdasarkan rencana kegiatan harian, serta guru melakukan proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang mengapa kompetensi pedagogik guru belum maksimal dalam pengembangan kreativitas anak usia dini. Fokus penelitian ini tentang kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini. Adapun manfaatnya yaitu untuk memberikan kontribusi sebagai masukan dan perbandingan guru agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik Pusposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi kepada pembimbing. Hasil temuan dalam penelitian pertama, Kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak kanak Annisa menunjukkan, guru Taman Kanak-kanak Annisa masih ada yang belum berkompetensi pedagogik memahami berbagai teori belajar dan prinsip bermain sambil belajar, belum merancang kegiatan pengembangan anak, belum mengembangkan potensi dan kreativitas anak. Kedua faktor penyebab rendahnya kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini, disebabkan faktor latar belakang pendidikan guru, faktor anggapan tuntutan administrasi, faktor minimnya sarana dan prasarana. Ketiga upaya untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini meliputi melanjutkan kuliah jurusan paud, mengikuti pelatihan dan pembinaan guru, pengadaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Pedagogik guru, Kreativitas Anak usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:52
Last Modified: 21 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item