KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KELAS VII MTs LABORATORIUM FTK UNIVERSITAS SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

AGUSTIA, ZEMA and Hurmaini, Hurmaini and Kukuh, M. (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KELAS VII MTs LABORATORIUM FTK UNIVERSITAS SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KELAS VII MTs LABORATORIUM FTK UNIVERSITAS SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
TM.151307 _ ZEMA AGUSTIA _ TADRIS MATEMATIKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulthan Thaha Saifudin Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Hurmaini M,Pd (II) M. Kukuh ,M.Sc Kata Kunci :Literasi Matematis, Soal TIMSS Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan literasi matematika serta mengetahui proses penyelesaian dengan gaya belajar siswa Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal TIMSS.kelas VII MTS Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes soal, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling, dipilih 6 subjek, di MTS Laboratorium Kota Jambi.Dari hasil tes soal siswa, peneliti dapat mengetahui kemampuan Literasi siswa dalam meyelesaikan soal matematika dengan gaya belajar field independent dengan materi sistem persamaan linear satu variabel . Kemampuan Literasi siswa dapat diketahui dari penyelesaian soal matematika secara matematis atau menjawab soal tersebut dan dapat juga dilihat dari ketidak mampuan siswa dalam menyelesaikan atau mengerjakan soal tersebut.Setelah dilakukan analisis data dari jawaban siswa maka peneliti melakukan wawancara kepada siswa yang terkategorikan berdasarkan kemampuan Literasi siswa dengan subjek yang mewakili dari 20 populasi dipilih sebanyak 6 subjek.kemampuan literasi dengan gaya belajar field independent siswa lebih memahami secara menyeluruh dan detail dalam menyelesaikan soal TIMSS yang diberikan dan dapat menyelesaikan soal sesuai rencana sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Dengan kata lain siswa dengan kemampuan literasi dengan gaya belajar field independent dalam menyelesaikan soal TIMSS, siswa mampu menafsirkan soal, merumuskan dan menerapkan informasi yang didapat dari soal dan merasa yakin dalam proses penyelesaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 May 2021 07:50
Last Modified: 05 May 2021 07:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item