PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ADOBE FLASH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 MUKO-MUKO BATHIN VII KABUPETEN BUNGO

Abdurahman, MTP152774 and Yamin, Martinis and Musa, Musa (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ADOBE FLASH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 MUKO-MUKO BATHIN VII KABUPETEN BUNGO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MTP. 152774_ABDURAHMAN_TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM - Abdu Rahman.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar PAI berbasis adobe flash dalam peningkatan efektivitas belajar siswa SMA Negeri I Muko-Muko Bathin VII Bungo kelas XI dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli desai, ahli media dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan prosedur pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk dan pembuatan produk massal.Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data yang dihasilkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi melalui informen, dan angket melibatkan responden dianalisis secara deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian pengembangan bahan ajar PAI berbasis adobe flash dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa pada level sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan mengetahui hasil belajar awal siswa SMA Negeri I Muko-Muko Bathin VII Bungo kelas XI sebelum pengembangan produk bahan ajar PAI berbasis multimedia dengan skor nilai 58,8 % berada pada level cukup. Setelah bahan ajar PAI di kembangkan berbasis adobe flash maka efektivitas belajar siswa SMA Negeri I Muko-Muko Bathin VII Bungo kelas XI mengalami peningkatan dengan skor nilai 83,4 % berada pada level sangat baik. Bahan ajar PAI berbasis adobe flash akan memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar, sehingga berdampak pada efektifitas pembelajaran. Dengan demikian bahan ajar PAI berbasis adobe flash dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Bahan ajar dan efektivitas belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:33
Last Modified: 19 Apr 2020 11:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item