PENGEMBANGAN MODUL SEMANGAT DUNIA REMAJA ( SETARA ) BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

Silalahi, Nuraini and Risnita, Risnita and Musa, Musa (2018) PENGEMBANGAN MODUL SEMANGAT DUNIA REMAJA ( SETARA ) BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MTP.14.1945 NURAINI SILALAHI BOOKMARK - nuraini silalahi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul SETARA (semangat dunia remaja) berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penyalahgunaan narkoba di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dan prosedur pengembangan ADDIE dengan langkah langkah terdiri dari Analyze (Analisi), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data yang dihasilkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi melalui informen, dan angket melibatkan responden dianalisis secara deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian pengembangan modul SETARA berbasis multimedia pada materi penyelahgunaan narkoba pada kategori sangat baik berdasarkan validasi ahli materi, media dan desain. Kemampuan siswa kelas VII sebelum belajar dengan modul dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII 58,95 meningkat menjadi 71,04 dengan skor pemahaman siswanya memuaskan. Sehingga berdampak sangat positif bagi siswa yang pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba kurang baik menjadi sangat baik dan bisa menjauhi narkoba dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Modul, Multimedia, Narkoba
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Teknologi Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:30
Last Modified: 21 Jan 2020 07:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item