PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

Ridwan, Muhammad and Mursyid, Mursyid and Ulfah, Siti Maria (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUHAMAD RIDWAN TPG141131 - Muhammad Ridwan.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi dengan menerapkan strategi pembelajaran outing class. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu wali kelas III dan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsam Telanaipura Kota Jambi yang berjumlah 16 Siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari wawancara, observasi, dokomunetasi, tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran outing class pada materi menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai keterampilan menulis siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu rata-rata nilai keterampilan menulis siswa adalah 64,9 , pada siklus I rata-rata nilai keterampilan menulis siswa meningkat menjadi 73,3 dan pada siklus II nilai keterampilan menulis siswa meningkat menjadi 80,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Outing Class, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:10
Last Modified: 15 Jan 2020 03:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item