PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA TERPADU

Dluhawi, Ahmad Ridwan and Musyaddad, Kholid and Badariah, Badariah (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA TERPADU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin jambi.

[img] Text (Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan pemahaman konsep materi IPA Terpadu)
ahmad_riwan_dluhawi_tb.160996_penerapan_model_pembelajaran_kooperatif_tipe_think_talk_write_untuk_meningkatkan_pemahaman_konsep_materi_ipa_terpadu.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu, khususnya pada siswa kelas VIII PI MTs Nurul Iman Ulu Gedong Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII PI MTs Nurul Iman Ulu Gedong Kota Jambi yang berjumlah 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi gerak pada makhluk hidup dan sistem gerak pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata persentase ketuntasan pemahaman konsep siswa pada siklus pertama adalah 60% dan pada siklus kedua nilai rata-rata persentase ketuntasan siswa adalah 85%. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus kedua disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran IPA khususnya pada materi gerak pada makhluk hidup dan sistem gerak pada manusia dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write kelas VIII Putri di Madrasah Tsanawiyah Kelurahan Ulu Gedong Kota Jambi terlaksana dengan baik. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII Putri di Madrasah Tsanawiyah Kelurahan Ulu Gedong Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemahaman Konsep, Think Talk Write, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:50
Last Modified: 29 Apr 2021 04:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7139

Actions (login required)

View Item View Item