PENGARUH PENGGUNAAN STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

Andini, Jayeng and Hilalli, Husni El and Wulanda, Mastarita Nova (2021) PENGARUH PENGGUNAAN STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KOTA JAMBI)
skripsi jayeng New.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
skripsi jayeng New.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang seberapa besar pengaruh hasil penerapan Structured Dyadic Methods Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes Kemampuan Pemahaman Konsep matematika. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan metode Structured Dyadic Methods, dan berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan metode Direct Instruction. Dari data yang dideskripsikan ditemui nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 80,55 dan standar deviasi 7,76 sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 65,55 dan standar deviasinya 9,74. Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5% sedangkan 1% dan diperoleh.Karena nilai yaitu . Sedangkan korelasi diperoleh dan setelah membandingkan antara ternyata (baik pada taraf signifikan maupun ) Hal ini menunjukkan diterima dan ditolak dan artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan penerapan Structured Dyadic Methods terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Pembelajaran Structured Dyadic Methods, Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:53
Last Modified: 29 Apr 2021 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7134

Actions (login required)

View Item View Item