PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI TATA SURYA KELAS VI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

Suardi, Muhammad Iqbal and Musyaddad, Kholid and Mukminin, Amirul (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI TATA SURYA KELAS VI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUHAMMAD IQBAL SUARDI-TPG141132 - Muhammad IQbal.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan media Pembelajaran Interaktif Materi Tata Surya (2) Untuk mengetahui kelayakan media Pembelajaran Interaktif dalam pembelajaran (3) Untuk mengetahui efektifitas dan kelayakan Pembelajaran Interaktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model prosedural dengan langkah-langkah yang diadaptasi dari 4D. Penelitian dilakukan di MI Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash ini telah melalui tahap yaitu: tahap Define, pada tahapan ini dilakukan indentifikasi tujuan media pembelajaran dan karateristik siswa, tahap Design, merancang materi pembelajaran, merancang design media pembelajaran menggunakan program Macromedia Flash, dan produksi, tahap Develope, pada tahapan ini akan dievaluasi dan dinilai oleh tim ahli bahasa, ahli media, ahli pembelajaran, dan uji coba. Hasil pengembangan program Macromedia Flash ini di kemas didalam Compact Disk (CD) dan Flash Disk. (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan hasil persentase 91.17% masuk ke kategori “Sangat Baik”, dan hasil validasi ahli media dengan hasil persentase 123.83% masuk ke kategori “Sangat Baik”. Artinya media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash ini layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran. (3) Berdasarkan hasil ahli pembelajaran dengan persentase 87.05% masuk ke kategori “Sangat Baik”, dan hasil uji coba siswa dengan hasil persentase 81.44% masuk ke kategori “Sangat Baik” dan penelitian ini juga bertujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Artinya media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash efektif dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Materi Tata Surya Ilmu Pengetahuan Alam .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Macromedia Flash , Tata Surya, Media Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:58
Last Modified: 15 Jan 2020 02:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item