PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI

Parmadi, Muhammad and Rosadi, Kemas Imron and Azim, Fauzan (2018) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUHAMMAD PARMADI-TPG141133 - Muhammad Parmadi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan keterampilan membaca siswa dalam Membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota yang berjumlah 16 orang, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Peneliti menemukan bahwa penggunaan Metode Drill dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Drill
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:54
Last Modified: 15 Jan 2020 02:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item