NIKAH PAKSA MENURUT ENAKMEN UNDANG-UNDANG KELUARGA ISLAM NO 2 TAHUN 2003 MAKHAMAH TINGGI SYARIAH NEGERI SELANGOR (DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)

Mahadi, Muhammad Zulfadhli and Kasir, Ibnu and Marlina, Siti (2018) NIKAH PAKSA MENURUT ENAKMEN UNDANG-UNDANG KELUARGA ISLAM NO 2 TAHUN 2003 MAKHAMAH TINGGI SYARIAH NEGERI SELANGOR (DITINJAU DARI HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUHD ZULFADHLI SHK160010 HUKUM KELUARGA - zul Mahadi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nikah Paksa Menurut Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam No 2 Tahun 2003 Makhamah Tinggi Syariah Negeri Selangor (Ditinjau Dari Hukum Islam). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui praktik nikah paksa di Mahkamah Tinggi Syariah Selangor. Penulis menjalankan kajian di Mahkamah Tinggi Syariah Negeri Selangor, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah melalui dokumentasi observasi dan wawancara, seperti di dalam penelitian oleh penulis mendapati wali yang mempunyai hak paksa nikah yang dirujuk Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam No 2 Tahun 2003 dan keabsahan nikah paksa menurut Mahkamah Tinggi Syariah Negeri Selamgor.Hasil penelitian, nikah adalah secara teoritas pada awalnya merupakan hak dan kewajiban orang tua, wali yang mempunyai hak nikah paksa adalah wali mujbir,wali nasab(terkecuali),wali hakim(terkecuali) dan pernikahan ini memiliki tujuan untuk medapatkan ketenangan hidup dan memelihara keturunan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: nikah paksa, enakmen
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.9 Asfek Fiqih Lainya
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:31
Last Modified: 15 Jan 2020 02:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item