PEMAHAMAN NASABAH PADA KONTRAK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PENYELESAIAN PERMASALAHANNYA PADA KCP. BANK SYARIAH MANDIRI KUALA TUNGKAL

MUSTAKIM, MUSTAKIM and Mubyarto, Novi and Harun, Hermanto (2020) PEMAHAMAN NASABAH PADA KONTRAK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PENYELESAIAN PERMASALAHANNYA PADA KCP. BANK SYARIAH MANDIRI KUALA TUNGKAL. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PEMAHAMAN NASABAH PADA KONTRAK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PENYELESAIAN PERMASALAHANNYA PADA KCP. BANK SYARIAH MANDIRI KUALA TUNGKAL)
Tesis Mustakim MLK.14.2008.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kontrak merupakan yang sangat penting dari transaksi tanpa kontrak transaksi batal secara hukum, munculnya problematika maupun sengketa dalam kontrak dikarenakan adanya kekurang cermatan dalam berkontrak. Oleh karena itu pada penelitian ini mengkaji tentang proses pembiayaan, pemahaman nasabah pada kontrak pembiayaan dan penyelesaian permasalahannya, kendala serta upayanya, dan dalam perspektif bank. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan yaitu: 1). Semua tahapan pembiayaan sangat penting diketahui oleh nasabah pembiayaan. 2).Pemahaman nasabah pada kontrak pembiayaan ada bersifat mengeluh, pemahaman selektif dan clause. 3). Kendala yang terjadi pada nasabah dalam pemahaman kontrak pembiayaan yang utamaialahingin cepat cair sehingga tanda tangan saja, tidak membaca dan tidakmencari informasi yang jelas sebelum kontrak, dan salinan kontrak tidak diberikan, hanya tanda terima berkas yang diberikan, ada kebiasaan pegawai tidak sampai tuntas proses kontraknya (pindah -pindah bank): Kendala utama penyelesaian permasalahan pemahaman kontrak pembiayaan pada nasabah yang kecewa; memutuskan pindah ke bank lain, dan bercerita dengan rekan sejawat. 4). Bank telah berupaya memberikan pemahaman kontrak yakni melaksanakan Standar Operasional Prosedur Pembiayaan, dan kendalanya utamanya ialah Nasabah menginginkan cepat cair dan langsung dapat memakai dananya, dan tidak menyimak dengan baik proses kontrak. Kecermatan dan ketelitian dalam kontrak menjadi wajib bagi setiap nasabah, Nasabah harus meningkatkan usaha untuk memperoleh informasi yang seakurat mungkin, Sebaiknya kebiasaan buka tutup kontrak dapat dikurangi, harus ada keinginan baik kedua belah pihak dan berkonsultasi atau meminta bantuan kepada lembaga swasta dan mengadu kepengadilan, bank harus menyampaikan titik permasalahan yang sering terjadi agar nasabah terfokus pada hal tersebut agar kedua belah pihak tidak saling viiibertengkar dikemudian hari. Pihak bank harus tetap mengedepankan aspek religiusitas dalam penyelesaian masalah, Harus ada lembaga swasta yang dapat membantu nasabah memberikan pemahaman kontrak pembiayaan atau memperjuangkan hak-nasabah, sebelum masalah sampai kepengadilan atau justifikasi nasabah atas ketidak syariah bank syariah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: pemahaman dan penyelesaian masalah, kontrak pembiayaan murabahah
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Ekonomi Syariah > Konsentrasi Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2021 01:00
Last Modified: 04 May 2021 01:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7093

Actions (login required)

View Item View Item