PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( DI SEKOLAH DASAR NEGERI 150/X BUKIT TEMPURUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR )

Cahyati, Murni and Musyaddad, Kholid and Imran, Imran (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( DI SEKOLAH DASAR NEGERI 150/X BUKIT TEMPURUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR ). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MURNI CAHYATI TPG141134 - Murni Cahyati.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Di Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung Kabupaten Tanjung Jabung Timur)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa pada materi Kebebasan Berorganisasi kelas V Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunkaan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan studi pustaka dengan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian yaitu kelas V Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung. Dengan jumlah peserta didik 19 orang. Data awal keaktifan siswa dari 19 siswa diperoleh skor rata-rata keaktifan sebesar 37%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran.peningkatan keaktifan belajar dapat diukur dari evaluasi siklus I dan II dengan nilai keaktifan belajar pada siklus I 70% dan pada siklus II 91%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 150/X Bukit Tempurung,telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Snowball Throwing, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:28
Last Modified: 15 Jan 2020 02:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item