IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL YAQIN DESA DURIAN LECAH KECAMATAN SUNGAI MANAU KABUPATEN MERANGIN

Mustafiroh, Mustafiroh and Karim, Hasnidar and Muhammad, Habib (2018) IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL YAQIN DESA DURIAN LECAH KECAMATAN SUNGAI MANAU KABUPATEN MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
mustafiroh NIM TP140855 PAI - mustafiroh yadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh sebagian besar anak-anak di Pondok Pesantren Nurul Yaqin terlihat bahwa guru kurang memperhatikan masalah kedisiplinan terhadap siswa, seperti Membolos pada mata pelajaran tertentu, terlambat belajar dikelas, berpacaran, tidak peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan pencurian barang santri lain saat lengah, malas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru, data skunder yaitu: santri. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sebagian guru yang sangat peduli dengan masalah kedisiplinan santri karena pesantren yang maju dan berprestasi itu adalah pesantren yang mempunyai sikap disiplin tinggi, begitupun dalam proses pembelajaran jika dalam proses pembelajaran santri mempunyai rasa disiplin dengan tidak tertidur dan tidak membuat keributan maka semuanya akan efektif. Dan juga ada sebagian guru tidak terlalu memperhatikan dan menerapkan atau biasa saja menanggapi hal tersebut. Implementasi Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Durian Lecah yaitu, 1) kurangnya waktu guru itu sendiri untuk mengontrol santri secara keliling komplek, 2) dari santri itu sendiri, dia melakukan dengan secara hati-hati, dan di tempat yang tidak mungkin untuk guru mengetahuinya. Upaya implementasi kedisiplinan di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Durian Lecah, yaitu: 1) dengan cara mendata santri yang melanggar peraturan pesantren, 2) melakukan pendekatan persuasif kepada santri, 3) selalu memberi bimbingan dan motivasi kepada para santri dengan cara terus-menerus agar dengan pengharapan sesuai dengan tujuan pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya (berakhlakul karimah), 4) dengan cara memberi hukuman bagi santri yang melanggar tata tertib pesantren, sesuai dengan berat ringannya pelanggaran yang telah dilakukan santri tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Implementasi, Kedisiplinan Santri, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:25
Last Modified: 15 Jan 2020 02:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item