MARTINUS, CELVYN and Constantin, Constantin and Syahbani, Nispi (2021) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK NON TES DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text (PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK NON TES DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI)
SKRIPSI_CELVYN MARTINUS (201172217).pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian in bertujuan mengungkap bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran akidah akhlak non tes di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis Data Reduction (Reduksi Data), yaitu dengan merangkum, memilih, dan memfokuskan pada hal-hal yang penting. Data Display (Penyajian Data) Penyajian data maka data terorganisasikan, tersusun dalam pola hubungan, sehingga akan semakin mudah dipahami. Data Verification (Verifikasi Data), yaitu data tersebut masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak non tes di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi: 1). Guru Akidah Akhlak melaksanakan evaluasi dengan menggunakan Lembaran Kerja Siswa (LKS), dan guru akidah akhlak memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil sebelum pelaksanaan evaluasi pembelajaran berlangsung, kemudian evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan latihan pilihan ganda di (LKS). 2). Perencanaan evaluasi pembelajaran akidah akhlak meliputi: Guru memilih soal untuk di latihan kan di Lembar Kerja Siswa (LKS), dan guru memberikan latihan harian dengan memberikan pertanyaan secara langsung dengan melihat aktifitas siswa, dan memberikan latihan MID pada Tengah Semester Kemudian UAS Pada Akhir Semester. 3). Kendala pada pelaksanaan evaluasi ini kurangnya minat belajar siswa untuk yang pada akhirnya tidak bisa tuntas sesuai KKM yang ditentukan sehingga dengan solusi guru harus merubah pelaksanaan pada evaluasi dan teknik yang digunakan dalam mengevaluasi. Peneliti menyarankan agar guru sebelum melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan kisi-kisi soal dan juga merancang secara baik evaluasi pembelajaran tersebut dengan indikator dan kurikulum yang ditetapkan, yang menjadi acuan bagi penyusun instrumen sehingga test yang digunakan sesuai dengan pokok bahasan dan sub pokok bahasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran Akidah Akhlak. |
Subjects: | 000 Karya Umum 200 Agama 2x0 Islam (Umum) 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 07:00 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 07:00 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |