PERANAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI

Irfan, Muhammad and Karim, Hasnidar and Mukhlis, Mukhlis (2021) PERANAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERANAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI)
SKRIPSI_MUHAMMAD IRFAN_201172332.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peranan Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Dan fokus kajian penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran al-qur’an hadis tentang bagaimana Peranan Guru Al-Qur’an Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Jambi, Faktor-Faktor penyebab Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al Qur’an Kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Ulu Gedong Kota Jambi dan Bagaimana Peran Guru Pendidikan Al-Qur’an Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al Qur’an Kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Ulu Gedong Kota Jambi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Banyak hal yang dilakukan peneliti dilapangan untuk mengumpulkan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Ulu Gedong Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menggunakan metode ceramah, hapalan, tanya jawab, dan penugasan. Faktor-Faktor penyebab Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al Qur’an terdiri dari faktor eksternal yang berupa kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dalam emmbiming anaknya untuk belajar mengaji di rumah atau di TPA, orang tua hanya mengandalkan di sekolah saja dan juga pengaruh lingkungan yang kurang mendukung seperti banyak nya pengaruh IPTEK yang berkembang pesat seperti warnet,playstation,game online mobile legend, pubg dan sebagainnya sehingga anak tersebut banyak bermain. Kemudian Peran guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik Dengan mengelompokkan peserta didik dari yang lancar, kurang lancar dan tidak lancar. Dan memakai tiga metode yang menyusaikan kemampuan siswa seperti metode Tartil, Tahsin dan Ummi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peranan, Guru Al-Qur’an Hadis, kesulitan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
200 Agama
2x0 Islam (Umum)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:35
Last Modified: 26 Apr 2021 06:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7052

Actions (login required)

View Item View Item