PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 2 KOTA JAMBI

Aurora, Juliana and Hurmaini, Hurmaini and Putri, Febriyani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Nama Juliana Aurora - Juliana Aurora.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model think-talk-write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dan pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII di Sekolah menengah Pertama PGRI 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan Skor kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil posttest yang menggunakan model think talk-write pada pokok bahasan relasi dan fungsi lebih tinggi dibandingkan Skor kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil pretest yang tidak menggunakan model think-talk-write. Hal ini dapat dilihat dari Skor kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil posttest yang menggunakan model think talk-write pada pokok bahasan relasi dan fungsi memperoleh rata-rata kelas posttest sebesar 71,52. Sedangkan Skor kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil pretest yang tidak menggunakan model think-talk-write pada pokok bahasan relasi dan fungsi memperoleh rata-rata kelas pretest sebesar 53,69. Hasil pencarian ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,07 dan 1% = 2,82. Karena yang diperolah dalam perhitungan adalah lebih besar dari pada ttabel (baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%) yaitu 2,07 < 10,20 > 2,82. Hasil pencarian effect size pada uji t diperoleh besar effect size kriteria besar kecilnya ukuran efek yaitu tinngi dengan persentasi 95,07%. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh sebesar 95,07% dari penerapan model pembelajaran think-talk-write dan 4,93% dari pengaruh faktor-faktor lainnya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP PGRI 2 Kota Jambi. Sehingga diterima Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model think-talk-write pada materi relasi dan fungsi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama PGRI 2 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Think-Talk-Write, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:35
Last Modified: 14 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item