PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: STUDI TERHADAP PERAN HUMAS DALAM PROGRAM CSR DI PT. CITRA SAWIT HARUM DESA SEKAMPIL KEC. PELEPAT KAB. BUNGO

Wahyuni, Sri and Samsu, and Sururuddin, Sururuddin (2018) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: STUDI TERHADAP PERAN HUMAS DALAM PROGRAM CSR DI PT. CITRA SAWIT HARUM DESA SEKAMPIL KEC. PELEPAT KAB. BUNGO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
NIM UR 140172_SRI WAHYUNI_KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM - sri wahyuni.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang memprihatinkan dan memerlukan perhatian, yaitu keluh kesah dari warga desa sekampil yang merasa tidak nyaman dengan pencemaran air sungai yang mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari, pencemaran air ini diduga akibat pembuangan sampah pabrik perusahaan kesungai. Pendekatan peneltian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif atau lapangan, untuk menjelaskan apa yang terjadi secara lengkap dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai jenis data dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak perusahaan dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi, dari pengumpulan data tersebut dilakukan tiga analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menunjang keabsahan data yang diperoleh maka dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan hasil dari penelitian dan data-data yang diperoleh, maka penulis menemukan hasil pertama pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pada PT. Citra Sawit Harum secara umum sudah dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku yakni Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sebagai peraturan yang memayungi pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas sebagai peraturan pelasanaannya. Namun masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam pelaksanaan yaitu terbatasnya jumlah untuk beasiswa dan bina lingkungan. Kedua pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan PT. Citra Sawit Harum secara keseluruhan sudah memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat yang ada di sekitar perusahaan. Hal ini terwujud dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, seperti lingkungan dan pendidikan. Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pada PT. Citra Sawit Harum berpengaruh pada ekonomi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan berdiri. Akhirnya penulis merekomendasikan kepada pihak perusahaan untuk melakukan program tanggung jawab sosial perusahaan yang lebih efektif lagi dalam pelaksanaan agar masyarakat yang ada di sekitar perusahaan tidak merasa dirugikan dengan adanya perseroan terbatas ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: CSR
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:20
Last Modified: 17 Feb 2020 00:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item