STRATEGI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI SD NEGERI 131 KOTA JAMBI

Pujiastuti, Dwi and Raudhoh, Raudhoh and Ramayanti, Rory (2020) STRATEGI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI SD NEGERI 131 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Strategi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca pada Siswa di SD Negeri 131 kota jambi)
DWI PUJIASTUTI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Pada Siswa di Sd Negeri 131 Kota Jambi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Gerakan Literasi Sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di SD Negeri 131 Kota Jambi, bagaimana dampak adanya strategi Gerakan Literasi Sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di SD Negeri 131 Kota Jambi, apa saja faktor pendukung dan penghambat Gerakan Literasi Sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di SD Negeri 131 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri 131 Kota Jambi memiliki strategi GLS dalam menanamkan karakter gemar membaca yang dilakukan melalui tiga (3) tahapan yakni tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan pembelajaran. Pada tahap pembiasaan guna membiasakan anak untuk membaca tanpa disertai tagihan, tahap pengembangan guna membentuk minat baca dengan adanya tagihan non-akademik dan tahap pembelajaran dengan adanya tagihan akademik. Dampak dari strategi GLS dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di SD Negeri 131 dapat dikatakan bahwa kegiatan GLS mulai menanamkan kesukaan atau kegemaran siswa untuk membaca yang dilihat dari perasaaan senang terhadap bacaan, kebutuhan siswa untuk membaca, keinginan untuk selalu membaca, tindakan mencari bacaan dan tindak lanjut. Faktor pendukung dalam pelaksanaan GLS ialah peran aktif seluruh warga sekolah, pelatihan tenaga pendidik, peran orangtua siswa berupa donasi buku dan keterliban dalam kegiatan literasi serta dukungan dari pihak luar yakni Tanoto foundation, perpustakaan keliling dan keikutsertaan siswa dalam program Rumah Baca Evergreen. Faktor penghambat ialah tidak adanya ruang khusus untuk perpustakaan, keterbatasan dalam jumlah koleksi yang digemari siswa serta minat baca siswa yang berbeda. Upaya mengatasi hambatan tersebut ialah membuat pojok perpustakaan sebagai pengganti sementara dari perpustakaan serta membuat sudut baca pada tiap-tiap kelas, melakukan kerjasama dengan pihak luar dalam pengadaan buku, dan perlunya komitmen semua pihak dalam menjalankan program literasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi, Gerakan Literasi Sekolah, Karakter Gemar Membaca.
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 21 Apr 2021 07:01
Last Modified: 21 Apr 2021 07:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item