STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 TANJUNG JABUNG TIMUR

Laila, Nur and Sulaiman, Saman and Jaya, Jaya (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
NUR LAILA-TP120414 - Dinni Computer.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siswa-siswi SMPN 20 Tanjabtim tidak mempunyai motivasi untuk mengerjakan sholat dzuhur berjama‟ah disekolah, terlebih lagi guru pendidikan agama islam terlihat tidak memiliki upaya atau strategi apapun untuk menyikapi hal tersebut, seharusnya Guru pendidikan agama islam menjadi faktor utama yang harus berperan untuk menerapkan pembiasaan sholat bagi siswa nya disekolah, guru haruslah mempunyai strategi untuk membuat siswa mau atau terbiasa menjalankan perintah sholat ini terutama sholat dzuhur yang dilakukan disekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Strategi peningkatan pembiasaan shalat berjama‟ah pada siswa di SMPN 20 Tanjung Jabung Timur adalah Adanya pelaksanaan shalat dzuhur berjama‟ah secara kontinyu, Faktor-faktor pendukung peningkatan pembiasaan shalat berjama‟ah pada siswa di SMPN 20 Tanjung Jabung Timur adalah Mayoritas siswa-siswi SMPN 20 Tanjung Jabung Timur bergama islam, Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan pembiasaan shalat berjama‟ah adalah Faktor intern. Saran atau usulan sebagai masukan untuk lebih meningkatkan kegiatan pembiasaan shalat berjama‟ah di SMPN 20 Tanjung Jabung Timur bagi Kepala Sekolah , bagi Guru dan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Guru, Pembiasaan, Sholat Berjama‟ah
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:47
Last Modified: 14 Jan 2020 02:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item