PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 SAROLANGUN

NOREWAN, M. and MY, Mahmud and Wulanda, Mastarita Nova (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 26 Sarolangun)
SKRIPSI NOREWAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Coopperative Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 26 Sarolangun. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Rotating Trio Exchange mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest Control Group Desing.Teknikpengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 12 siswa di kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan 12 siswa di kelas VIII sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay berjumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t_(test ) dan uji kolerasi phi. Dari uji t_(test ) pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 2,07 < 4,299 > 3 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Rotating Trio Exchange dengan model pembelajaran ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep. Dan dari hasil uji korelasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,4227<0,5604>0,5368 . artinya bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Rotating Trio Exchange berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model RTE, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:05
Last Modified: 19 Apr 2021 04:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6946

Actions (login required)

View Item View Item