KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MUARO JAMBI

Adelia, Mita and Karim, Hasnidar and Jaya, Jaya (2021) KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Keteladanan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Muaro Jambi.)
SKRIPSI MITA ADELIA_201172321.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang: Keteladanan Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif deskriptif dengan desain penelitian bersifat emergent, evolving, dan developing karena penelitian dijelaskan melalui gambaran, umum yang bersifat sementara, apa yang akan dapat diteliti dan bersifat fleksibel serta masih mengalami perubahan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, kompenensial dan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa keadaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Muaro Jambi secara keseluruhan cukup baik meskipun masih ada beberapa perilaku-perilaku siswa yang menyimpang atau negatif diantaranya masih kurang pengetahuan agama pada siswa, sikap siswa tidak sopan dalam bersikap dan berbicara serta pengaruh negatif berbagai media yang merusak. Kendala kendala guru dalam meningkatkan keteladanan untuk pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 4 Muaro Jambi diantara sebagai berikut: masih banyak siswa kurang terkontrol di luar rumah dan kurang baiknya prilaku/karakter positif siswa sehingga menyebabkan perilaku negatif dan berdampak pada perkembangan kecerdasan emosional serta akhlak siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keteladanan untuk pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 4 Muaro Jambi diantaranya dilakukan dengan cara memberikan bimbingan dan arahan tentang nilai-nilai karakter berdasarkan agama sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional sesuai dengan kaidah agama Islam, Membimbing dengan keteladanan berbicara dalam kehidupan sehari-hari sehingga contoh yang diberikan dapat dipraktekan langsung oleh siswa. Keteladanan perbuatan dilakukan untuk memberikan contoh langsung kepada siswa mengenaiperilaku yang baik dan sesuai dengan ajaran agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keteladanan, Guru, Akhlak dan Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:19
Last Modified: 19 Apr 2021 04:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item