PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 33/IV KOTA JAMBI

Fitriana, Nuriza and Magdalena, Rts and Fatmawati, Kiki (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 33/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
NURIZA FITRIANA TPG141145 - Nuriza Fitriana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Model Pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write, peningkatan pemahaman belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran Matematika. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan pemahaman belajar siswa diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai pemahaman siswa pada siklus I 55,5% dan siklus II 83,5% dengan persentase peningkatan sebesar 28%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi telah mencapai ketuntasan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Think Talk Write, Pemahaman belajar, Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:03
Last Modified: 13 Jan 2020 04:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item