Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun

Winasis, Dyah Puji and Rafiq, Muhammad and Rapiko, Rapiko (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun)
WINA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun, ingin mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan perilaku Islami siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun, serta ingin mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sarolangun yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5S (Salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu fasilitas keagamaan seperti musholla serta ekstrakurikuler keagamaan seperti ROHIS (Rohani Islam) digunakan guru pendidikan agama Islam untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa. Adapun peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk perilaku Islami siswa, khususnya dalam hal ibadah yaitu memberikan pengarahan dan teladan kepada siswa seperti melakukan shalat berjamaah bersama dan memberikan pencerahan kalbu secara rutin, sehingga dengan begitu siswa mampu untuk memperbaiki ibadahnya. Selain itu, adapun terkait dengan akhlak siswa yang masih bermasalah maka diperlukan pembinaan akhlak untuk mengarahkan siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Guru PAI, Perilaku Islami
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x0 Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:35
Last Modified: 13 Apr 2021 06:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item