STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI SEKTOR PERTANIAN (STUDI DI KANTOR DINAS PERTANIAN KABUPATEN TEBO)

Saputra, Rian and Ritonga, Ahmad Husein and Gani, Ruslan Abdul (2018) STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI SEKTOR PERTANIAN (STUDI DI KANTOR DINAS PERTANIAN KABUPATEN TEBO). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
PDF - Rian Saputra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor pertanian yang sebagai penggerak pembangunan serta berperan penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tebo mestinya mendapatkan perhatian yang serius. Problematika sektor pertanian di Kabupaten Tebo cukup potensial, dan pertanian akan lebih baik lagi jika pemerintah membuat strategi dalam mengupayakan beberapa kebijakan kebijakan yang bertujuan untuk menggali kekayaan daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Tebo. Dari segi pendekatan maka Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Dalam penelitian skripsi ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil pembahasan menunjukan hasil sebagai berikut : Pertama, Strategi Pertanian Kabupaten Tebo dalam meningkatka PAD Kabupaten Tebo dituangkan dadalam dua bentuk kebijakan : 1) peningkatan produksi dan produktivitas produk pertanian. 2) Kebijakan dalam peningkatan pemasaran dan daya saing produk pertanian. Kedua, Terdapat dua faktor yang menjadi Hambatan Dinas Pertanian Kabupaten Tebo dalam meningkatka PAD kabupaten tebo dari sektor pertanian Faktor sistem dan regulasi. Ketiga, Upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Tebo untuk pemecahan masalah yang timbul adalah : 1) memberikan pembinaan yang ekstra terhadap kelompok tani serta melakukan pelatihan dan studi banding ke daerah yang lebih sukses. 2) Koordinasi yang lebih optimal dengan BMKG. 3) Pembinaan yang ekstra terhadap Kelompok Tani. 4) Mengunakan tenaga ahli pihak ketiga (jasa konsultan). 5) Pembinaan petani untuk dapat bersama memelihara dan merawat saluran irigasi, embung, alsintan dan bangunan lainnya dan juga jalan usaha tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendapatan Asli Daerah, Dinas Pertanian
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:45
Last Modified: 10 Mar 2020 02:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item