PENGGUNAAN SENTRA IMAN DAN TAQWA DALAM MENCAKAPKAN MEMBACA DO’A SEHARI-HARI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU TAULADAN KECAMATAN MUARA TEMBESI

Handayani, Meni and Jailani, Syahran and Salahuddin, Salahuddin (2018) PENGGUNAAN SENTRA IMAN DAN TAQWA DALAM MENCAKAPKAN MEMBACA DO’A SEHARI-HARI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU TAULADAN KECAMATAN MUARA TEMBESI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
PDF MENI FIX - eli maryani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran sentra iman dan taqwa di PAUD Terpadu Tauladan, meningkatkan kemampuan anak didik dalam mencakapkan doa sehari-hari, dan mengetahui solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mencakap doa sehari-hari. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan mulai Agustus 2017 sampai dengan Desember 2017 semester 1 tahun pelajaran 2017. Sedangkan tempat dilaksanakan penelitian ini adalah di PAUD TerpaduTauladan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala anak didik PAUD Terpadu Tauladan sebanyak 15 orang dan guru PAUD Terpadu Tauladan sebanyak 1 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran sentra iman dan taqwa yang dilakukan dinilai dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mencakap doa sehari-hari, hal tersebut dapat dilihat dari pra-siklus dengan hasil rata-rata sebesar 68.34 yang masuk dalam kategori cukup meningkat menjadi 75.11 pada siklus I yang masuk pada kategori baik, kemudian meningkat siklus II menjadi 84.38 yang masuk kategori baik, dan meningkat pada siklus III menjadi 94.29 yang masuk kategori baik sekali. Begitu juga dengan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pada pra-siklus rata-rata 62.5 menjadi 73.2 pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 80.4 dan siklus III menjadi 89.3 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Sentra Iman dan Taqwa, Mencakap Doa Sehari-Hari, Pelaksanaan Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:28
Last Modified: 13 Jan 2020 03:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item