PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH RIYADHUSSOLIHIN

Ningsih, Sri Mulya and Muhsinin, Umil and Sunarto, Sunarto (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH RIYADHUSSOLIHIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
PDF1 - mulya lianee.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Riyadhussolihin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posstes only control design, sedangkan instrumen penelitiannya dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi di kelas eksperimen 100 dan skor terendah 54, dengan rata-rata 78,92 sedangkan dikelas kontrol diperoleh skor tertinggi 87 dan skor terendah 47 dengan rata-rata 69,26. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh = 4,27 pada taraf signifikan antara 5% diperoleh = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,66 dengan demikian 2,00 < 4,27 > 2,66 sehingga diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Riyadhussolihin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Reciprocal Teaching, Matematika, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:24
Last Modified: 13 Jan 2020 03:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item