PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU

Ardillah, Rihan and Tanti, Tanti and Afdala, Adfal (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu)
RIHAN ARDILLAH.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahua Alam Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design, dimana teknik pengambilan sempel menggunakan simple random sampling. Waktu dan tempat Penelitian dilakukan dikelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2019. Sedangkan pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan soal. Penelitian ini menemukan bahwa model pembelajran contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Analisis data menggunakan uji analisis kovarian sehingga di dapatlah thitung ttabel (0,20 1.665) pada taraf signifikan 5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) diterima. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelaharan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), Kemampuan pemecahan masalah siswa.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:00
Last Modified: 08 Apr 2021 07:00
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item