PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 KOTA JAMBI

Isjayanti, Uci and Afdal Jamil, Zawaqi and Putri Wirman, Rahmi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division Pada Pembelajaran Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Jambi)
skripsi watermark.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X jurusan Matematika dan Ilmu Alam 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 7 kota Jambi yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar post-test. Dari analisis data hasil belajar siswa, hasil belajar siswa pada siklus I sedikit mengalami peningkatan hasil belajar, dibandingkan dengan pra-siklus yakni jumlah siswa yang belum tuntas dalam belajar mengalami penurunan jumlah dari 15 orang siswa atau sebesar 53,57% menjadi 10 orang atau 35,7%. Sedangkan siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar meningkat dari 13 orang siswa (46,43%) menjadi menjadi 18 orang (64,3%). Namun demikian hasil belajar siswa belum seperti yang diharapkan dengan kondisi siswa yang tuntas belum mencapai 70%. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 26 orang atau sebesar 92,86%. Sedangkan yang tidak tuntas hanya 2 orang atau sebesar 7,14%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X MIA-2 SMAN Negeri 7 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: 000 Karya Umum
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:57
Last Modified: 08 Apr 2021 06:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6828

Actions (login required)

View Item View Item