Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Pembelajaran Interaktif tipe Course Review Horay pada Materi Kingdom Protista

Marhamah, Marhamah and Alfian, Alfian and Gusfarenie, Dwi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Pembelajaran Interaktif tipe Course Review Horay pada Materi Kingdom Protista. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Interaktif Tipe Course Review Horay pada Materi Kingdom Protista)
TB161049 Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Interaktif Tipe Course Review Horay pada Materi Kingdom Protista - Lampiran full text.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian di SMAN 14 Tanjung Jabung Barat ditemukan permasalahan di kelas X yaitu hasil belajar yang masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang kurang optimal dan melihat dari hasil ulangan siswa kelas X. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran interaktif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kingdom protista. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kingdom protista dengan menggunakan model pembelajaran interaktif tipe Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran interaktif tipe Course Review Horay yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, plaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah 29 siswa di SMAN 14 Tanjung Jabung Barat. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I pada pertemuan pertama yaitu sebesar 51,72% sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 62,07% dan siklus II pertemuan pertama sebesar 68,9% dan pada pertemuan kedua menjadi 77,59% dengan kategori sangat baik. Aktivitas guru siklus I pertemuan pertama yaitu 56% pertemuan kedua menjadi 72% dan pada siklus II pertemuan pertama yaitu 75% meningkat menjadi 81,25% pada pertemuan kedua. Hasil belajar klasikal siswa siklus I yaitu 68,90% dengan kategori baik, dan pada siklus II 89,65% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran interaktif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 14 Tanjung Jabung Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Interaktif, Course Review Horay
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:36
Last Modified: 08 Apr 2021 03:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item