FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI PRODUK TANPA SERTIFIKASI HALAL (Studi Kebab Turki Rimbo Bujang)

Zulfikar, Maulana Malik and Tarmizi, A and Habibah, G.W.I Awal (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI PRODUK TANPA SERTIFIKASI HALAL (Studi Kebab Turki Rimbo Bujang). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saiffudin Jambi.

[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI PRODUK TANPA SERTIFIKASI HALAL (Studi Kebab Turki Rimbo Bujang))
SKRIPSI MAULANA MALIK ZULFIKAR.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat di Rimbo Bujang yang mengkonsumsi makanan tanpa sertifikasi halal salah satunya adalah Kebab Turki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen muslim dalam pembelian produk tanpa sertifikasi halal (Studi Kebab Turki Rimbo Bujang) serta faktor mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen muslim dalam pembelian produk tanpa sertifikasi halal (Studi Kebab Turki Rimbo Bujang). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatf dengan analisis regresi linier berganda sebagai alat analisisnya, untuk membuktikan hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji signifikan f dan t. Populasinya dalam penelitian ini tidak diketahui jumlah respondennya, penetuan sampel menggunakan Rumus Rousce, maka sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden dan studi di Jalan Pahlawan Unit 2 Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologi (X4) secara bersama-sama. Secara parsial faktor budaya dan faktor pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sumbangan efektif (SE) variabel faktor psikologis yang paling dominan terhadap keputusan pembelian. Seharusnya produsen lebih memperhatikan sertifikasi halal dan untuk perilaku konsumen yang dilihat dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dapat memperhatikan keputusan pembelian makanan tanpa sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi dan Keputusan pembelian Makanan Tanpa Sertifikasi Halal
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:40
Last Modified: 07 Apr 2021 04:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item