PERBANDINGAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN 2 TEBO

KURNIATI, FIZA and Alfian, Alfian and Novalyan, Devie (2021) PERBANDINGAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN 2 TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERBANDINGAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN 2 TEBO)
FIZA KURNIATI TB161022 pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perbandingan metode tutor sebaya dengan metode diskusi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN 2 Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar skor hasil belajar biologi siswa yang menerapkan metode tutor sebaya dan skor hasil belajar biologi siswa yang menerapkan metode diskusi kemudian untuk mengetahui besar skor hasil signifikan perbedaan metode tutor sebaya dengan metode diskusi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan siswa kelas IPA 2 yang berjumlah 50 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sebelum ditentukan sampel dilakukan uji homogenitas , setelah dinyatakan homogen, dilanjutkan dengan teknik random dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu post test only control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 77,4 dan standar deviasi 10,87. Hasil rata-rata post test kelas eksperimen 2 sebesar 67,8 dan standar deviasi 13,2. Teknik analisis data dengan menggunakan uji “t”tes. Dari hasil perhitungan diperoleh t0 = lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5% ataupun 1% ), berarti H0 ditolak, sehingga dapat di simpulkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa yang menggunakan metode tutor sebaya lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan metode diskusi .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tutor sebaya, Diskusi, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:02
Last Modified: 06 Apr 2021 07:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6815

Actions (login required)

View Item View Item