QUO VADIS MASALAH PARKIR DI KOTA JAMBI (STUDI TERHADAP PERATURAN DAERAH KOTA JAMBI NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KOTA JAMBI)

Pitria, Pitria and Rasyid, Amhar and Masnidar, Masnidar (2018) QUO VADIS MASALAH PARKIR DI KOTA JAMBI (STUDI TERHADAP PERATURAN DAERAH KOTA JAMBI NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
PITRIA-SIP141772 - iFelse YT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap Quo Vadis Masalah Parkir di Kota Jambi Studi Terhadap Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kota Jambi. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui, bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah dilaksanakan peraturan daerah Kota Jambi Nomor 4 tahun 2017 di Kota Jambi, efektivitas sanksi peraturan daerah tersebut dan langkah-langkah penyelesaian peraturan daerah. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Sebelum dilaksanakan Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 4 Tahun 2017 di Kota Jambi yaitu Maraknya Parkir Liar, Kekurangan JUKIR, Kekurangan Sarana dan Artibut; Sesudah Dilaksanakan Peraturan Daerah Kota Jambi yaitu Pengaturan dan kelengkapan JUKIR, Pengawasan. (2) Efektivitas sanksi peraturan daerah Kota Jambi Nomor 4 Tahun 2017 di Kota Jambi telah berjalan efektif, namun perlu ditingkatkan kembali kinerja dinas perhubungan bekerja sama dengan JUKIR dalam melakukan pengawasan sehingga dinas perhubungan dapat memberikan sanksi berupa peneguran, penggembosan, penilangan dan penggembokan kendaraan, di mana kendaraan boleh diambil apabila sanksi tilang telah dibayar berupa denda Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) hingga Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah). (3) Terdapat tiga tahap langkah-langkah penyelesaian peraturan daerah, diantaranya: pembatasan wilayah, dimana membatasi ruang gerak parkir liar, pembatasan dengan tarif, dimana memberikan tarif lebih murah dari parkir liar dan pembatasan dengan waktu, waktu yang telah melebihi satu jam akan dikenakan tambahan bayaran dan yang harus ditingkatkan adalah pembatasan wilayah, agar parkir liar dapat terbatas geraknya dalam melakukan parkir liar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: parkir liar, penertiban, peraturan parkir
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:13
Last Modified: 13 Jan 2020 03:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item