PENERAPAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Riskiyanti. An, Nadia and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) PENERAPAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI)
NADIA RISKIYANTI.AN 201172342.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan nilai karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang ingin diperoleh dari metode observasi dan wawancara ini yaitu tentang penerapan nilai karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak, faktor penghambat dalam penerapan nilai karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak dan upaya dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan nilai karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi kelas X PMIA1. Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data tentang Historis, letak Geografis, Visi, Misi, Tujuan dan Strategis, Profil, Struktur Organisasi, Lokasi, Kurikulum, Keadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Sarana dan Prasarana Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunujukkan bahwa guru menekankan nilai karakter melalui pembelajaran akidah akhlak pada nilai disiplin dan tanggung jawab dengan melakukan pembiasaaan-pembiasaan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Dan guru bukan hanya sebagai pengajar, namun mapu menjadi teladan bagi siswa. Faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan nilai karakter berasal dari individu atau pribadi masing-masing yang memiliki karakter yang berbeda-beda, metode yang digunakan guru dalam mengajar dan faktor lingkungan serta orang tua. Upaya dalam mengatasi faktor penghambat adalah dengan memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa, memberikan nasihat, melakukan kerja melakukan kerja sama dengan wali kelas dan guru bimbingan konseling (BK) dalam memberikan arahan kepada siswa untuk dapat merubah prilaku untuk menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: character value, learning moral theology
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:43
Last Modified: 05 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item