PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IMADRASAH IBTIDAIYYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

MURYATI, RESY and Ahmad, Saidah and Siregar, Nasyariah (2020) PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IMADRASAH IBTIDAIYYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IMADRASAH IBTIDAIYYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI)
TPG.162667 PROSES PEMBELAJARAN DARING LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses pembelajaran Daring/Luring pada masa pandemi Covid-19 di Kelas I Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai upaya untuk member jawaban atas permasalahan yang telah dibentangkan, karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis deskriftif. Metode pengumpulan data dalam penelitian iniadalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring/luringdinilai kurang efektif dalam pemelajaran karena belum semaksimal mungkin. Dalam pembelajaran daring/luring siswa lebih mandiri dalam memecahkan sebuah permasalahan walaupun terkadang harus melihat digoogledan dibantu oleh orang tuanya.Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Daring/Luring di Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi adalah adanya alat seperti Handphone, kuota internet, dan kerja sama antar guru dan pihak wali murid yang terjalin komunikasi dengan baik. Selanjutnya faktor penghambat lainnya pada penelitian ini adalah terkendalanya dalam sinyal dan kuota internet, serta adapun faktor penghambat lainnya adalah kurangnya kepedulian orang tua terhadap pembelajaran anaknya karena kesibukan bekerja. Upaya yang dilakukan pihak sekolah maupun guru dalam menyelesaikan faktor penghambat tersebut dengan menjalin kerjasama yang baik dengan walimurid terkait proses pembelajaran, serta untuk para siswa yang terhambat dalam proses pembelajarannya diberikan kemudahan untuk dapat menemui guru terkait tentang materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:24
Last Modified: 19 Apr 2021 03:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item