PERAN ORGANISASI INTRA KAMPUS DALAM MENINGKATAN KUALITAS KEPEMIPINAN VISIONER MAHASISWA (STUDI DEWAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN UIN STS JAMBI)

Rifaldo, Reno and Aziz, Ishak Abd and Isma, As'ad (2018) PERAN ORGANISASI INTRA KAMPUS DALAM MENINGKATAN KUALITAS KEPEMIPINAN VISIONER MAHASISWA (STUDI DEWAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN UIN STS JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
RENO RIFALDO FAKULTAS DAKWAH - a yna.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangai oleh peran dan fungsi Dewan Eksekutif Mahasiswa untuk membentuk jiwa kepemimpinan visioner mahasiswa melalui kegitan kegiatan. Dari persoalan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan untuk mengetahui peran dan fungsi Dewan Eksekutif Mahasiswa dalam meningkatkan Kepemimpinan Visioner Mahasiswa, bagaimana Bentuk Bentuk kegiatan Dewan Eksekutif Mahasiswa dalam meningkatkan kepemimpinan Visioner mahasiswa, bagaimana Orientasi bentuk bentuk kegiatannya bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu memiliki kepemiminan visioner. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, untuk menjelaskan apa yang terjadi secara lengkap, dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai jenis data dan sumber data yang diperoleh melalui Badan Pengurus Harian Dewan Eksekutif Mahasiswa ( Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa, Wakil Dewan Eksekutif Mahasiswa, Sekretaris Dewan Eksekutif Mahasiswa) dan Mahasiswa fakultas Ushuluddin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut dilakukan tiga analisis data yang berupa keabsahan data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menunjang keabsahan data yan diperoleh maka dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teori yang penulis gunakan adalah Konsep Organisasi, Konsep Kepemimpinan, Konsep mahasiswa sebagai panduan dipenulis utukwawancara tentang peran Dewn Eksekutif Mahasiswa dalam meningkatkan Kepemimpinan Visioner Mahasiswa. Hasilnya penulis menemukan bahwa untuk meningkatkan Kepemimpinan Visoner Mahasiswa melalui kegiatan Dewan Eksekutif Mahasiswa seperti Silaturahmi Mahasiswa Baru, Kemah Bakti Dakwah Mahasiswa, Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Dasar, Seminar, Diskusi. Dengan demikian penilitian penulis meyatakan dari kegiatan kegiatan Dewan Eksekutif Mahasiswa tersebut bermuara pada memudahkan proses Adaptasi Mahasiswa, meningkatkan intelektualitas mahasiswa, menambah wawasan mahasiswa, mengasah daya kritis mahasiswa. Dengan segala proses yang dilalui mahaiswa saat berada dikampus bertujuan agar setelah lulus mampu mengaplikasikan ilmunya dimasyarakat berguna bagi Nusa Bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Dewan Eksekutif Mahasiswa dan Kepemimpinan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:36
Last Modified: 13 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item