IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MEMBOLOS (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BATANGHARI)

Desi Susilau Wati, UB 160208 and Aziz, Ishak Abd and Madyan, Madyan (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MEMBOLOS (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BATANGHARI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MEMBOLOS (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BATANGHARI))
UB.160208_ DESI SUSILAU WATI _ BPI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tugas guru bimbingan konseling (BK) ialah melakukan konseling individu dan bimbingan kelompok dalam mengatasi siswa yang bermasalah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di sekolah terhadap siswa yang membolos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Batanghari, mendeskripsikan proses bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang membolos, teknik yang diterapkan dalam mengatasi siswa yang membolos disekolah, dan faktor apa saja yang menghambat proses bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di sekolah selama 40 hari dari bulan juli sampai agustus 2020. Wawancara dilakukan dengan 14 orang informan, dan peneliti melakukan dikumentasi terhadap data yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Data yang didapat dianalisa melalui tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama proses bimbingan konseling dalam mengatasi siswa yang membolos di SMP Negeri 1 Batanghari melalui Kerjasama antara guru mata pelajaran dengan guru bimbingan konseling, kerjasama antara wali kelas dan guru bimbingan konseling, dan memanggil orangtua siswa. Kedua teknik yang diterapkan dalam mengatasi siswa yang membolos di sekolah SMP Negeri 1 Batanghari melalui metode konseling individu dan metode bimbingan kelompok. Ketiga faktor yang menghambat proses bimbingan konseling ialah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal ialah faktor dari luar diri seseorang yaitu kurang terbuka nya siswa dengan guru bimbingan konseling, fasilitas bimbingan konseling yang tidak memadai, keterbatasan waktu dan tempat, sedang internal ialah faktor dari dalam dirinya sendiri yaitu faktor kecakapan potensial maupun actual, kematangan perkembangan, minat, emosional dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Implementasi, Teknik, Bimbingan Konseling.
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:44
Last Modified: 24 Mar 2021 06:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item