URGENSI DAN IMPLEMENTASI HUMOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Hariry, Sheila and Anwar, Kasful and Kurniawan, Yudi (2021) URGENSI DAN IMPLEMENTASI HUMOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Urgensi dan Implementasi Humor dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)
SKRIPSI SHEILA HARIRY (201172414).pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang saat ini cendrung monoton, hal ini pun berimplikasi kepada timbulnya sikap apatis dalam diri peserta didik karena merasa suasana pembelajaran pendidikan agama Islam yang dianggap membosankan. Maka, dibutuhkanlah sebuah strategi bagi seorang pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya, salah satunya dengan menyisipkan humor dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui urgensi humor dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (2) Mengetahui rancangan implementasi humor dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Urgensi humor dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu humor membangun hubungan dan meningkatkan komunikasi antara pendidik dan peserta didik, humor sebagai alat pengurang stres, humor membuat pembelajaran menjadi menarik, dan humor memperkuat daya ingat peserta didik. (2) Implementasi humor dalam pembelajaran pendidikan agama Islam mempertimbangkan beberapa point: pertama, menghubungkan humor dengan materi yang diajarkan. Kedua, tersenyum dan pilihlah materi humor dari sumber apa saja. Ketiga, pilihlah humor yang sopan dan mendidik. Keempat, pilihlah waktu yang tepat dalam menyampaikan humor. Waktu yang tepat menggunakan humor dalam pembelajaran dibagi dalam tiga kesempatan yaitu: pertemuan pertama yang mengesankan, jeda strategi, dan diakhir sesi pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa humor dapat dijadikan salah satu strategi pembelajaran meyenangkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Humor, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Urgensi, Implementasi
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:59
Last Modified: 25 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item