PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA PAGAR PUDING KECAMATAN. TEBO ULU

Kurnia, Rina and Junaid, Junaid and Idariyanti, Idariyanti (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA PAGAR PUDING KECAMATAN. TEBO ULU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Rina kurnia-Bookmark - rhina kurnia.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disekolah Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda kecamatan Tebo Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental – posttest Only Contol Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sedangkan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan soal tes uraian berjumlah 5 soal. Berdasarkan perhitungan hipotesis dengan uji t di dapati ������� = 3,03, pada taraf signifikan ������ 5% = 2,02,dan pada taraf signifikan ������ 1% = 2,70, sehingga dapat diketahui bahwa baik dari taraf signifikan ������ 5% maupun ������ 1%lebih kecil dari ������� , dengan demikian ������ < ������� ≥ ������ (2,02 < 3,03 ≥ 2,70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disekolah Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda kecamatan Tebo Ulu. Selain itu, siswa bersikap positif terhadap implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian ini meyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi segi empat dan segi tiga yang mengharuskan siswa memiliki kenapuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:45
Last Modified: 10 Jan 2020 03:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item