Novitasari, Dwi and Yusria, Yusria and Amrindono, Amrindono (2020) PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MONTASE DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA UMMI 3 DESA GERUNGGUNG KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text (Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui kegiatan montase di TK permata ummi 3 desa gerunggung kabupaten muara jambi)
Dwi Novitasari.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Kegiatan Montase untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Permata Ummi 3 Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain model Kemmis & Mc Taggart yaitu terbentuk spiral dari siklus satu ke siklus yang berikutnya. Model Kemmis dan Taggart menggabungkan komponen acting dan observing dalam satu kesatuan karena keduanya merupakan tindakan yang tidak terpisahkan , terjadi dalam waktu yang sama. Dalam perencanaannya kemmis menggunakan sistem spiral refleksi dari setiap siklus meliputi 3 komponen yaitu : rencana (Planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa kegiatan montase berpengaruh terhadap pengembangan kognitif anak usia dini di TK Permata Ummi 3 Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan kegiatan montase dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sesuai dengan materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kegiatan Montase, Aspek Kognitif |
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 02:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 02:53 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |